Tips Rutin Masak Seru Walau Tinggal di Apartemen

Tips Rutin Masak Seru Walau Tinggal di Apartemen

July 28, 2021 0 By admin

Aktivitas masak memasak memang selalu seru, apalagi jika didukung dengan bahan masakan yang lengkap, alat masak yang memadai serta tentunya dapur tempat memasak yang nyaman dan aman. Namun tentunya memasak makanan khususnya bagi Anda yang tinggal di apartemen tidaklah mudah. Risiko terjadinya kebakaran atau bencana lainnya menjadi lebih tinggi jika dibandingkan aktivitas memasak di rumah petak. Meski Anda telah memiliki asuransi kebakaran apartemen sebagai perlingdungan utama, namun ruang gerak memasak tetap terasa terbatas.

Meski begitu, bagi Anda yang menggemari aktivitas memasak dan memiliki keluarga kecil, memasak di apartemen tidak dapat dihindarkan. Hal ini justru harus membuat Anda lebih kreatif dan memperhatikan keamanan selama memasak dengan lebih seksama. Agar rutinitas memasak Anda tidak terhambat, berikut tips yang dapat Anda lakukan agar kegiatan memasak di apartemen tetap seru dan menyenangkan.

  • Periksa posisi alarm kebakaran dan kadar sensitivitasnya. Beberapa alarm kebakaran umumnya terletak pada langit-langit unit apartemen dengan posisi yang agak berada di tengah ruangan dekat dengan dapur kecil. Jika sudah memeriksa posisi alarm kebakaran, tentunya Anda dapat memposisikan area memasak ke tempat yang lebih aman. Selain itu, agar Anda dapat lebih tenang menjalani aktivitas di dapur, tanyakan kepada pihak manajemen serta minta pihak terkait untuk melakukan uji sensitivitas alarm kebakaran di unit apartemen yang Anda huni. Langkah ini juga sekaligus dapat menguji keamanan dan keefektivitasan alarm kebakaran sehingga jika dibutuhkan, alarm yang ada dapat berfungsi dengan baik.
  • Buka jendela atau pintu yang mengarah ke balkon. Langkah ini selain membuat kepulan asap bisa terarah keluar area unit juga tentunya bisa menghadirkan udara segar setelah memasak. Akses udara yang luas memungkinkan arus udara yang lebih bebas dan menghindari ruangan terasa panas serta pengap. Pastikan posisi kompor terjaga dengan baik agar aliran udara tidak membuat nyala api menjadi terganggu.
  • Selalu awasi besaran api yang digunakan. Tidak melulu harus menggunakan api yang kecil, memasak di apartemen juga bisa saja menggunakan api yang sedang hingga besar asalkan penggunaannya selalu dalam pengawasan. Pasang timer selama memasak agar pengawasan penggunaan api dapat lebih terjamin. Set timer kapan menggunakan api kecil dan sedang, kapan harus mengecilkan api dan berapa lama proses memasak atau penggunaan api berlangsung.

Itu dia beberapa tips sederhana yang bisa Anda lakukan agar aktivitas rutin memasak di apartemen dapat terus dilakukan tenpa hambatan. Selain agar aman dan nyaman, dengan lebih teliti dalam memasak di apartemen juga tentunya akan membuat perabot tetap awet dan berfungsi maksimal. Ajak teman, pasangan atau anak Anda selama proses masak berlangsung agar pengalaman memasak bersama kian menyenangkan.

Referensi:

https://askrindo.co.id/asuransi-kebakaran

https://www.theambengantenten.com/tips-memasak-di-apartemen-tanpa-bau/

https://blog.spacestock.com/tips-aman-memasak-tanpa-mengaktifkan-alarm-kebakaran-di-apartemen/

https://jendela360.com/info/7-cara-memasak-aman-tanpa-mengaktifkan-alarm-kebakaran-di-apartemen/