Studi Kelayakan, Memangnya Penting?

Studi Kelayakan, Memangnya Penting?

July 17, 2021 0 By admin

Setiap usaha dimulai bertujuan untuk meraih keberhasilan dan kesuksesan. Oleh karena itu perlu direncanakan secara seksama dan membutuhkan jasa studi kelayakan untuk membantu perencanaan tersebut. Apa jadinya jika usaha yang sudah mengorbankan uang, waktu dan pikiran kita ini ternyata berhenti pada satu titik yang tidak diperkirakan.

Pengusaha ketika memasuki medan perang bisnis tanpa peta dan kompas, bisa nyasar dan berujung maut. Studi kelayakan adalah peta dan kompas yang membantu kita mempertimbang segala aspek sebelum benar-benar terjun ke dunia bisnis. Semuanya agar pebisnis paham masalah yang akan dihadapi di lapangan dan memperkirakan bagaimana mengatasinya.

Pentingnya studi kelayakan bisnis bisa dijabarkan di bawah ini.

Pentingnya Studi Kelayakan Bisnis

Bagi mereka yang sudah terjun ke dunia bisnis  paham pentingnya studi kelayakan. Apalagi jika anda seorang newbie. Jangan kaget jika prinsip hutan perawan adalah idiom yang tepat untuk menggambarkan dunia bisnis bagi newbie. Berikut beberapa hal yang penting saat memulai bisnis sehingga perlu studi kelayakan.

Memudahkan perencanaan bisnis

Perencanaan bisnis adalah hal pertama yang dilakukan saat memulainya. Perlu dibantu dengan analisa yang mendalam dan menyeluruh agar bisnis yang dirintis bisa bersaing di pasaran.

Tidak bisa dilakukan sendiri tanpa dukungan orang lain atau dengan jasa pembuatan studi kelayakan. Hal tersebut karena beda kepala berbeda juga berfikir dan cara melihat sesuatu permasalahan. Apalagi jika didampingi orang yang memang sudah berkecimpung di bidang ini.

Perencanaan yang akan anda kerjakan menjadi mudah dan benar-benar bermanfaat dengan analisa yang tepat.

Menekan Resiko ketidakberhasilan

Tak ada bisnis yang tanpa resiko. Bangkrut atau berhasil adalah dua sisi mata uang yang sewaktu-waktu bisa muncul di tengah perjalanan bisnis.

Banyak hal yang tidak bisa diramalkan pada saat berbisnis. Satu faktor kecil bisa tiba-tiba meruntuhkan bisnis anda jika tidak waspada. Sedang satu faktor besar malah akan membuat bisnis anda semakin tangguh jika lincah dan tepat menghadapinya.

Ada dua jenis resiko pada usaha. Resiko yang bisa dikendalikan atau resiko yang tidak bisa dikendalikan. Keduanya sama berbahaya dan tidak bisa dianggap remeh. Seperti segala sesuatu yang lain, keduanya bisa berbalik sifat dalam sekejap mata jika keadaan mendukung.

Bisnis lancar didukung oleh perencanaan yang matang

Suka tidak suka studi kelayakan bisnis memang memperlancar perencanaan dan perintisan bisnis. Tujuan untuk menghasilkan keuntungan dan kesuksesan lebih mudah diraih jika diketahui unsur-unsur penunjangnya.

Begitu pula jika terjadi kegagalan, sudah ada tindakan antisipatif yang pasti direkomendasikan. Setelah itu perusahaan anda bisa melakukan review dengan membandingkan antara kenyataan dan perencanaan. Selanjutnya bisa memulai langkah yang tepat.

Menajamkan Pengawasan

Apa yang terjadi jika anda memperhatikan suatu kejadian tanpa mengerti asal mula ceritanya? Pasti anda akan berkesimpulan salah dan melakukan tindakan yang mungkin disesali. Pengawasan anda akan gagal dan semuanya bisa hancur.

Begitu pula dengan bisnis. Pengawasan adalah hal yang sangat penting, tapi harus dibarengi data yang akurat.

Pengawasan terbagi dua, yaitu pengawasan dari dalam (internal) dan pengawasan dari luar (eksternal). Pengawasan internal dilakukan oleh pebisnis dengan menunjuk orang yang kompeten dan bisa berpegang pada analisa studi kelayakan.

Sementara pengawasan eksternal dilakukan oleh lembaga pemerintah. Kita tidak akan pahampengawan bagaimana yang mereka lakukan tanpa rekomendasi lembaga studi kelayakan.

Pengendalian yang lebih mudah

Mudah atau sulit dalam menangani masalah merupakan resiko bisnis tiap pelaku. Pengendalian masalah harus dilakukan dengan gesit dan penuh perhitungan agar tidak memburuk.

Apa yang bisa diharapkan pada pengendalian yang meraba-raba? Sementara saingan bisnis memiliki analisis yang komprehensif dan  presisi.

Di setiap aspek bisnis terdapat aspek masalah yang mungkin tidak dikenali, terutama para pemain baru. Sehingga ketika berusaha melakukan inovasi hasilnya gagal karena didahului oleh saingan.

Begitulah analisis masalah bekerja. Mempermudah pengendalian dan pengawasan kemudian menunjukkan rekomendasi cara untuk mengatasinya.

Jangan ragu melakukan studi kelayakan bisnis. Hasilnya akan anda pahami setelah kesuksesan berada di tangan anda.