Resep Sayur Bayam yang Lezat

Resep Sayur Bayam yang Lezat

February 6, 2022 0 By admin

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang mudah diolah dan memiliki rasa yang lezat. Sayur bayam bisa diolah dengan bumbu kuah, digoreng, maupun di tumis untuk lauk sehari-hari yang menyehatkan. Simak beberapa referensi resep sayur bayam berikut ini yang memiliki cita rasa menggiurkan.

Resep Sayur Bayam Kerang

Bagi pecinta seafood bisa mencoba resep sayur bayam kerang ini yang memiliki cita rasa gurih. Pertama, cuci semua sayuran terlebih dahulu yang terdiri dari bayam, wortel, dan potongan jagung. Selanjutnya, cuci kerang sampai bersih dengan cara menyikat bagian cangkangnya. Lalu, haluskan bumbu yang terdiri dari 3 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, kaldu jamur, gula, garam, dan kunci.

Berikutnya, makas air sebanyak 500 ml hingga mendidih agar bisa memasukkan jagung dan kerang terlebih dahulu. Jika keduanya sudah mendidih, langsung masukin wortel dan tunggu hingga matang. Terakhir, masukkan bayam dan bumbu halus, lalu tunggu hingga matang agar siap disajikan.

Keripik Sayur Bayam

Resep sayur bayam menjadi olahan keripik ini cukup mudah untuk ditiru sebagai resep camilan rumahan. Bayam yang digunakan harus memiliki daun berukuran lebar agar lebih mudah diolah. Lalu, haluskan bumbu berupa bawang putih, kunyit 1 ruas jari, dan 1 sendok teh ketumbar.

Berikutnya buat adonan yang terdiri dari tepung beras, garam, air, maizena, dan bumbu yang sudah dihaluskan. Aduk adonan tersebut sampai merata dan celupkan daun bayam satu per satu. Goreng daun bayam yang sudah dicelupkan adonan hingga warnanya kecoklatan.

Nugget Sayur Bayam

Bahan untuk nugget ini antara lain bayam, bawang bombay, wortel, telur, bawang putih, terigu, air, garam, merica, gula pasir, dan kaldu ayam. Selanjutnya, buatlah adonan pencelup yang terdiri dari terigu, panir, dan air secukupnya. Cara membuatnya dimulai dengan mencampurkan semua bahan nugget ke dalam loyang tahan panas.

Lalu, kukus adonan tersebut selama setengah jam dan keluarkan untuk dipotong-potong. Celupkan nugget yang sudah dipotong ke dalam campuran tepung terigu dan air. Lau, gulung nugget tersebut ke tepung panir dan goreng hingga kecoklatan.

Resep sayur bayam cukup mudah untuk dibuat dan banyak sekali jenis olahan makanan dari bahan tersebut. Berbagai resep ini bisa ditiru di rumah dengan bahan yang sederhana. Sayur bayam tidak hanya bisa dijadikan sebagai lauk saja, melainkan termasuk camilan menyehatkan.