Polisi Tahan Rizieq Shihab di Rutan Polda Metro Jaya

Polisi Tahan Rizieq Shihab di Rutan Polda Metro Jaya

December 12, 2020 0 By admin

Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shihab (MRS) ditahan oleh Polda Metro Jaya setelah diperiksa sebagai tersangka kasus kerumunan di Petamburan. "Penahanan oleh penyidik selama 20 hari ke depan sampai tanggal 31 Desember 2020," ujar Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Argo Yuwono seperti ditayangkan langsung Kompas TV, Minggu (13/12/2020) dini hari. Argo mengatakan MRS ditahan di Rutan Narkoba Polda Metro Jaya.

"Ada 84 pertanyaan yang ditanyakan penyidik kepada tersangka MRS," kata Argo. MRS mendatangi Polda Metro Jaya pada Sabtu (12/12/2020) pukul 10.24 WIB "Pemeriksaan selesai sekitar pukul 22.00 WIB," ujar Argo.

Sekitar pukul 00.27 WIB, Rizieq Shihab dikawal keluar dari gedung Direktorat Reskrimum Polda Metro Jaya menuju mobil tahanan. Mobil itu selanjutnya menuju ke ruang tahanan Polda Metro Jaya. Sebelumnya, Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) menyatakan bahwa surat penangkapan atas pemimpin FPI Rizieq Shihab sudah ada.

"Surat perintah penangkapan sudah ada," ujar Munarman ketika ditemui di Polda Metro Jaya, Sabtu (12/12/2020) malam. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus menyatakan bahwa pihaknya memberikan surat perintah penangkapan kepada Rizieq Shihab usai Rizieq menjalani tes swab antigen Covid 19 di Polda Metro Jaya sesaat setelah ia tiba pada Sabtu siang. "Iya swab antigen kemudian kita berikan surat perintah penangkapan," jelas Yusri Sabtu siang.

Namun demikian, Munarman merasa bahwa status penangkapan Rizieq ini lucu, sebab Rizieq ditangkap ketika berada di Polda Metro Jaya. "Soal status beliau yang dinyatakan ditangkap. Pertama tama lucu saja ditangkap tapi di kantor polisi," kata Munarman. "Kedua, beliau datang tadi itu sebagai sifat ksatria dari beliau dan beliau menunjukkan bahwa beliau warga negara yang taat hukum," tambahnya.

Namun, Munarman menegaskan bahwa belum ada surat penahanan yang diterima oleh pihaknya. "Belum ada surat perintah penahanan atau surat penahanan," ujar Munarman siang tadi. Rizieq hadir di Polda Metro Jaya pada Sabtu siang, sekitar pukul 10.24 WIB.

Ia menjalankan pemeriksaan usai terbukti mendapat hasil negatif atas tes swab antigen Covid 19. Munarman menjelaskan bahwa hingga Sabtu pukul 21.00 WIB, pemeriksaan masih belum menyentuh substansi persoalan terkait kerumunan di Petamburan pada 14 November 2020 lalu. "Sampai pukul sembilan malam ini (pemeriksaan) Habib masih pertanyaannya seputar FPI, belum masuk substansi materi sangkaan, belum masuk pasal pasal 160, 93, maupun 216 KUHP UU kekarantinaan kesehatan, belum masuk ke situ," ujar Munarman.

Karenanya, pihak FPI belum dapat memberikan penjelasan lebih rinci terkait materi pokok perkara. "Memang belum masuk materi jadi hanya soal legal standing jadi belum masuk materi, sehingga kita belum bisa memberikan penjelasan yang lebih detil soal materi pokok perkaranya," ujar pengacara Rizieq, Alamsyah Hanafiah, Sabtu malam ketika ditemui dalam kesempatan yang sama. Adapun, Pemimpin FPI Rizieq Shihab tiba di Gedung Direskrimum Polda Metro Jaya, pada Sabtu pagi, sekitar pukul 10.24 WIB.

Rizieq datang bersama Sekretaris Umum FPI Munarman serta dan orang lainnya dengan sebuah mobil SUV berwarna putih. Dengan mengenakan pakaian serba putih, Rizieq menyatakan akan mengikuti pemeriksaan sesuai dengan undang undang yang berlaku. "Hari ini dengan izin Allah SWT saya bisa hadir di Polda Metro Jaya untuk mengikuti pemeriksaan sesuai dengan aturan perundang undangan yang berlaku," ujar Rizieq ketika tiba di Polda Metro Jaya, Sabtu.

Sumber: Kompas TV/Kompas.com