Pengusaha Wajib Tahu, 5 Manfaat Layanan Cloud Computing untuk Usaha Anda

Pengusaha Wajib Tahu, 5 Manfaat Layanan Cloud Computing untuk Usaha Anda

July 10, 2021 0 By admin

Di era serba digital sekarang ini semua sudah serba mudah untuk segala profesi, termasuk bagi para pemilik usaha. Salah satu cara terbaik untuk memajukan usaha Anda adalah dengan mencari cloud provider terbaik kemudian mengadopsi teknologi cloud computing agar usaha Anda akan tetap produktif dalam segala kondisi. Cloud computing atau komputasi awan adalah sistem IT yang memanfaatkan jaringan internet dalam menyimpan dan berbagi data sesuai dengan kebutuhan pengguna. Cloud computing ini cocok untuk Anda pemilik UMKM yang tidak memiliki modal besar untuk membayar pemeliharaan IT, sehingga layanan ini bisa menghemat biaya operasional. Berikut manfaat lain dari layanan komputasi awan untuk perusahaan:

 

1. Akses mudah dan terjamin aman

Untuk mengakses layanan ini sangat mudah karena Anda tidak perlu berada pada perangkat komputer yang sama jika hendak membuka aplikasi untuk keperluan operasional perusahaan Anda. Tidak masalah dari mana saja, Anda dapat mengakses data dan aplikasi dengan mudah jika sedang tersambung dengan internet. Penyedia layanan berbasis cloud akan selalu menjaga performa database secara baik sehingga data yang Anda simpan terjamin keamanannya.

 

2. Hemat biaya pemeliharaan dan tidak memerlukan banyak SDM

Jika Anda memutuskan untuk memilih jasa cloud computing, maka pengelolaan, pemeliharaan, dan keamanan sistem akan dilakukan sepenuhnya oleh si penyedia jasa. Sehingga Anda sebagai pemilik usaha dapat menghemat biaya karena tidak perlu lagi membayar biaya pemeliharaan perangkat dan biaya gaji karyawan pengelola sistem IT.

 

3. Skalabilitas cloud cepat sesuai permintaan

Komputasi awan dapat dengan cepat memenuhi kebutuhan pengguna. Sistem ini juga relatif mudah digunakan, sehingga pengguna tidak perlu menjadi ahli IT. Anda juga tidak perlu membeli peralatan tambahan karena penggunaan kapasitas sistem berbasis cloud dapat dengan mudah ditingkatkan.

 

4. Membayar sesuai keperluan

Anda dapat menyesuaikan kebutuhan Anda dalam layanan berbasis cloud untuk menyesuaikan biaya operasi sesuai dengan kebutuhan Anda. Lain halnya jika perusahaan mengeluarkan banyak biaya untuk membangun sistem informasinya sendiri ketika peralatan tersebut tidak digunakan secara maksimal. Secara umum, biaya perhitungan perencanaan sistem penagihan cloud provider ini terjangkau. Hal ini akan memudahkan perusahaan dalam menganalisa biaya operasional.

 

5. Dapat membagi sumber daya

Anda dapat berbagi sumber daya dengan pengguna lain, seperti menggunakan server virtual secara bersamaan. Tidak hanya itu, pengguna cloud computing juga dapat meminimalkan masalah operasional, sehingga mencapai peningkatan sumber daya yang lebih baik.

 

Nah, dengan begini Anda sudah paham betul, kan, bahwa cloud computing itu sangat berperan penting untuk memajukan usaha Anda? Semoga artikel ini bermanfaat, ya.

 

 

Referensi:

https://www.jurnal.id/id/blog/6-manfaat-cloud-computing-bagi-dunia-usaha/

Layanan Cloud