Mengenal Widevine, Manajemen Hak Digital untuk Akses Streaming Video

Mengenal Widevine, Manajemen Hak Digital untuk Akses Streaming Video

May 24, 2021 0 By admin

Harga Redmi Note 9 saat ini berada di kisaran Rp2,5 juta, harga yang cukup terjangkau untuk sebuah handphone dengan spesifikasi terbaik dan memori cukup besar. Jika Anda tengah mencari handphone dalam kategori mid-end, maka Redmi Note 9 ini bisa jadi pilihan.

 

Selain itu, juga terdapat fitur yang mendukung Widevine L1 sehingga kegiatan menonton video streaming favorit menjadi lancar dan dapat dilakukan kapan saja. Saat ini, menonton video melalui handphone melalui layanan aplikasi berbayar sangat ramai dilakukan dan hanya handphone dengan dukungan Widevine dapat digunakan untuk mendukung kegiatan ini.

 

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan widevine dan kenapa dibutuhkan dalam kegiatan menonton video streaming? Agar Anda tidak penasaran dan mengerti pentingnya fitur satu ini, berikut penjelasan singkatnya.

Mengenal Manajemen Hak Digital Widevine

Tren menonton film, drama atau series melalui layanan aplikasi streaming saat ini menjadi makin marak semenjak pandemi Covid-19 menyerang dunia. Untuk dapat menikmati layanan streaming melalui layanan seperti Netflix diperlukan adanya DRM atau manajemen hak digital. Salah satu penyedianya adalah widevine.

 

Adanya widevine ini akan memberikan Anda akses untuk bisa menikmati layanan streaming. Di lain sisi juga melindungi penyedia layanan agar video yang disediakannya tidak dibajak atau diakses secara ilegal. Agar Anda lebih mengerti mengenai widevine simak penjelasan berikut:

 

1.     Latar Belakang

Pada dasarnya widevine adalah penyedia teknologi atau perangkat lunak manajemen hak digital. Penjelajah Google Chrome, Android TV, Media DRM Android, dan layanan streaming ritel lainnya menjadi pengguna layanan widevine ini.

 

Saat ini, teknologi widevine ini sudah digunakan pada banyak tipe ponsel pintar, karena tingginya minat pengguna ponsel pintar akan layanan streaming untuk menonton film maupun drama yang disukai.

 

Teknologi digital widevine ini merupakan sebuah sistem software yang mengurangi biaya dan kompleksitas dalam memproses hak lebih canggih. Widevine kemudian dibeli Google dan saat ini semakin banyak digunakan.

2.     Penggunaan

Widevine saat ini digunakan oleh banyak perusahaan seperti Amazon, BBC, Netflix, Spotify, atau Disney+ karena sangat bermanfaat dalam pengelolaan distribusi konten premium. Widevine digunakan sebagai perambah berbasis web Chromium serta android.

 

Bukan hanya layanan Google Chrome, tapi widevine juga digunakan oleh Firefox sejak tahun 2016. Selain itu, juga digunakan di Windows, sistem operasi Linux, serta dapat dipasang lepas setelah penjelajahan web. Namun, saat ini kebanyakan penggunaannya adalah permanen.

3.     Perangkat yang Telah Dilengkapi Widevine

Banyak perangkat yang sudah dilengkapi dengan software widevine di dalamnya. Terdapat Widevine level 1 hingga 3 dan level 1 merupakan software terbaik. Berbagai gadget dapat dilengkapi dengan software ini, terutama ponsel-ponsel keluaran terbaru pada rate entry level.

 

Salah satunya adalah Redmi Note 9. Ponsel pintar keluaran Xiaomi ini memiliki fitur canggih Widevine 1 sehingga membuat penggunanya dapat dengan mudah mengakses layanan video streaming. Harga Redmi Note 9 juga sangat bersaing di pasaran. Dengan Rp2,5 juta Anda sudah dapat memilikinya.

4.     Tidak Terbuka untuk Umum

Penggunaan widevine sendiri saat ini sangat dibatasi. Hanya Google sebagai pemilik yang memiliki kemampuan untuk melakukan pengembangan dan pembuatan aplikasi dengan menggunakan widevine.

 

Seorang pengembang pernah melakukan percobaan menggabungkan widevine dengan aplikasi berbasis electron untuk memutar video pada tahun 2019. Akan tetapi, usaha tersebut tidak dapat dilanjutkan karena Google tidak memberikan lisensi penggunaan. Bisa dikatakan bahwa akses pengembangannya dibatasi dan tidak terbuka untuk umum.

 

Memiliki ponsel yang dapat mendukung kegiatan streaming video saat ini menjadi kebutuhan sebagian masyarakat. Jika Anda salah satunya, maka tidak perlu takut akan mengeluarkan banyak uang untuk teknologi ini. Harga Redmi Note 9 termasuk cukup terjangkau untuk masyarakat menengah ke atas dan sudah memiliki fungsi terbaik widevine 1.

 

Sumber:

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Widevine#:~:text=Widevine%20utamanya%20menyediakan%20Modul%20Dekripsi,pembuatan%20lisensi%20ataupun%20integrasi%20perangkat.
  2. https://carisinyal.com/kelebihan-dan-kekurangan-redmi-note-9/
  3. https://www.gsmarena.com/xiaomi_redmi_note_9-review-2123p3.php