Mengenal Nebulizer, Manfaat dan Jenisnya

Mengenal Nebulizer, Manfaat dan Jenisnya

February 7, 2022 0 By admin

Alat nebulizer merupakan salah satu alat yang digunakan di dunia medis. Alat ini memiliki fungsi sebagaimana inhaler dalam mengubah dan memasukkan obat berbentuk cairan agar dapat diserap oleh saluran pernapasan.

 

Manfaat Nebulizer

Sebagaimana fungsinya sebagai pembantu dalam mengatasi gangguan pernapasan, alat ini sering digunakan oleh penderita asma. Namun dibeberapa kasus, alat ini juga sebagai pembantu dalam menangani gangguan batuk dan pilek.

Ketika asma terjadi, pernapasan akan terganggu sehingga udara yang mengalir juga terhambat. Dengan penggunaan Nebulizer, penyemprotan obat cair akan lebih efektif agar langsung menuju pada organ dalam yang dituju.

Pada kasus batuk dan pilek, Nebulizer membantu dalam mengontrol jumlah lendir yang menumpuk dalam rongga pernapasan. Dengan demikian, batuk dan pilek akan lebih cepat untuk reda.

 

Jenis Nebulizer Terbaik

Nebulizer seakan mengerti berbagai kebutuhan penderita gangguan pernapasan sehingga menghadirkan beberapa bentuk Nebulizer yang nyaman. Beberapa bentuk diantaranya adalah masker dengan oksigen, mesin ultrasonic, ataupun masker dengan tekanan udara. Dengan variasi berbentuk masker untuk anak usia kurang dari 6 tahun. Sedang alat yang dimasukkan ke mulut untuk anak usia lebih dari 6 tahun.

Dengan variasi tersebut, jenis mesin ultrasonic merupakan kualitas yang paling tinggi yang biasanya diperuntukkan untuk rumah sakit atau untuk penderita gangguan yang akut atau pasien yang tidak cukup hanya dengan penggunaan inhaler seperti anak kecil, bayi, dan asma akut.

Ketika Nebulizer telah dipasang, setidaknya selama 15 menit, pengguna haruslah berada pada posisi yang nyaman tersebut agar Nebulizer bekerja secara optimal. Jika anak dirasa susah memakai Nebulizer, maka mulailah untuk mengajari anak memakai Nebulizer di saat kapanpun dan berikan apresiasi kecil untuk usahanya belajar memahami.

 

Penyakit Yang Ditangani

Beberapa penyakit yang penanganannya dengan Nebulizer adalah:

  1. Okstruktif Kronis

Kondisi ini merupakan peradangan kronis pada paru-paru yang terjadi secara jangka panjang. Peradangan ini akan menyebabkan saluran pernapasan terhalang sehingga menimbulkan gejala seperti batuk dan sesak nafas. Penyakit ini dapat disebabkan karena pencemaran polusi dan juga asap rokok.

  1. Croup

Croup adalah kondisi dimana laring dan tenggorokan terinfeksi oleh virus. Dengan dominasi pasien usia balita dari 6 bulan hingga 3 tahun. Penyakit ini ditandai dengan demam, nafas berbunyi, batuk yang kasar, dan suara serak.

  1. Pneumonia

Penyakit ini termasuk sering ditemui pada pasien gangguan pernapasan. Disebabkan meradangnya paru-paru dikarenakan infeksi. Penyebab umum adalah bakteri, jamur, dan virus. Dengan gejala pneumonia adalah lemas, nyeri dada, sesak nafas, muntah, dan kadang disertai linglung.

Itulah tadi sekilas pembahasan tentang hal-hal penting seputar Nebulizer. Jika kamu memiliki gangguan pernapasan, sebaiknya sediakan Nebulizer di tempat yang mudah kamu jangkau setiap saat. Pastikan untuk membeli Nebulizer terbaik dari Omron, salah satunya Kompresor Nebulizer NE-C28 yang bisa kamu temukan di link berikut https://www.omronhealthcare-ap.com/id/product/286-ne-c28.