Lebih Baik Membeli Mobil Baru atau Mobil Bekas, Ya?

Lebih Baik Membeli Mobil Baru atau Mobil Bekas, Ya?

August 27, 2022 0 By admin

Mobil saat ini masih menjadi impian bagi sebagian orang. Ada banyak pertimbangan yang dipikirkan ketika seseorang memutuskan untuk membeli sebuah mobil, termasuk pertimbangan membeli mobil baru atau mobil bekas. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Selain itu, mobil yang sudah dibeli nanti, baik baru ataupun bekas, harus juga diasuransikan agar aman. Salah satu asuransi kendaraan yang recommended dan mudah pendaftarannya ialah asuransi kendaraan MSIG Online. Pendaftarannya mudah karena cukup mengunjungi website resminya saja dan dengan proses yang cepat.

Nah, buat kamu yang sedang bingung memilih, langsung saja kita kupas tuntas masing-masing kelebihan dari membeli mobil baru dan mobil bekas berikut ini.

Kelebihan dan Kekurangan Membeli Mobil Baru

Membeli mobil baru memiliki sejumlah keuntungan, seperti:

  1. Mobil kondisinya belum pernah digunakan oleh siapapun sebelumnya. Jadi tidak perlu ragu terkait riwayat kecelakaan, terkena banjir, dan sebagainya selayaknya mobil bekas.
  2. Mobil yang akan kamu beli, spesifikasinya bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan. Dealer biasanya memiliki banyak pilihan dan dapat dicarikan yang tipenya sesuai dengan keinginan kamu.
  3. Ketika membeli mobil baru, kamu tentunya akan mendapatkan garansi sehingga bila terjadi kerusakan selama masih dalam masa garansi, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya perbaikan.
  4. Mobil baru biasanya dilengkapi dengan fitur terkini, sehingga lebih modern baik dari segi fitur hiburan maupun keselamatan. Fitur terkini termasuk juga mobil yang lebih ramah lingkungan dan hemat BBM, sehingga biaya operasional mobil menjadi lebih hemat dibanding mobil bekas.
  5. Premi asuransi lebih rendah karena memiliki risiko kerusakan yang sangat kecil. Mobil baru pastinya baru keluar dari dealer dan belum pernah ada yang memakai sebelumnya. Tingkat kerusakan mobil baru pun minim, hal tersebut tentu berdampak pada jumlah premi untuk asuransi. Banyak perusahaan asuransi yang berani menawarkan premi murah untuk mobil yang masih baru, karena minimnya risiko kerusakan.

Tapi, selain kelebihan, membeli mobil baru juga memiliki kekurangan yang harus dijadikan pertumabangan.  Pertama, biaya pembelian pada umumnya lebih mahal dibanding mobil bekas. Jika pembelianmu dilakukan dengan cara kredit, maka total pembayaran pada akhir masa kredit akan lebih besar dibanding pembelian yang langsung lunas. Hal tersebut tentu membuat kamu merogoh kocek yang lebih besar. Kedua, pajak tahunan kendaraan cukup besar dibandingkan mobil bekas untuk tipe dan merk yang sama tapi beda tahun produksinya. Ketiga, mobil baru bila dijual kembali depresiasi harganya lebih besar dibanding mobil bekas.

Kelebihan dan Kekurangan Membeli Mobil Bekas

Membeli mobil bekas tentu memiliki keuntungan tersendiri, seperti:

  1. Harga yang lebih terjangkau. Kamu tidak perlu berlama-lama menabung atau mendaftar pinjaman sana sini untuk bisa membeli mobil. Jika kamu teliti, kamu bisa mendapatkan mobil bekas yang bagus dengan harga yang terjangkau.
  2. Membeli mobil bekas membuat depresiasi harga atau turunnya harga penjualan dari tahun ke tahun lebih lambat dan pajaknya lebih murah.
  3. Mobil bekas memiliki sangat banyak pilihan karena di Indonesia penjualan mobil bekas cukup tinggi. Kamu bisa memilih mobil bekas sesuai keinginan dan kebutuhan, sesuai pilihan tahun produksi, dan preferensi lainnya.
  4. Untuk tipe mobil yang sama, kamu bisa mendapatkan penawaran harga mobil bekas yang berbeda-beda.
  5. Mobil bekas bisa langsung digunakan, kamu tidak perlu menunggu sampai surat kendaraan jadi.

Selain keuntungan, membeli mobil bekas juga memiliki kerugiannya tersendiri. Pertama, jaminan kualitasnya tidak jelas. Bisa saja mobil yang kamu beli adalah mobil bekas banjir atau memiliki komponen lain yang sudah kurang layak pakai. Kedua, kamu akan mengeluarkan biaya sendiri ketika terjadi kerusakan karena sudah tidak ada garansi dari pabrik.

Ketiga, ada kemungkinan perlu reparasi ataupun penggantian suku cadang mengingat usianya yang sudah tua. Keempat, bahan bakarnya mungkin lebih boros dibanding mobil keluaran terbaru yang memiliki pengaturan bahan bakar. Terakhir, premi asuransi untuk mobil bekas mungkin lebih tinggi.

Untuk membeli mobil baik bekas maupun baru, kamu perlu memiliki pengetahuan yang baik. Sehingga, kamu mendapatkan mobil berkualitas bagus dengan harga yang sesuai dengan finansialmu. Jangan lupa juga untuk mendaftarkan asuransi untuk mobilmu agar terhindar dari kerugian yang tidak diduga-duga, seperti kecelakaan ataupun kehilangan.