Daftar Barang Yang Wajib Anda Siapkan Sebelum Melahirkan

Daftar Barang Yang Wajib Anda Siapkan Sebelum Melahirkan

February 21, 2022 0 By admin

Melahirkan merupakan sebuah proses yang membutuhkan banyak persiapan apalagi jika dilakukan di fasilitas kesehatan yang jauh dari rumah. Persiapan melahirkan setidaknya dilakukan minimal 3 minggu sebelum HPL ( hari perkiraan lahir). Persiapan yang matang tentunya akan membuat ibu menjadi lebih tenang dalam proses melahirkan. Ada beberapa barang yang harus ibu siapkan menjelang melahirkan baik dari perlengkapan ibu maupun perlengkapan calon bayi. Lantas, barang apa saja yang harus disiapkan dari rumah sebelum menjalani proses persalinan?

Daftar barang ibu yang harus disiapkan

Ada beberapa barang ibu yang harus disiapkan ketika akan melahirkan seperti KTP, kartu asuransi dan dokumen penting termasuk buku pemeriksaan rutin selama hamil, sarung, kain atau rok berukuran besar yang memudahkan gerak saat persiapan persalinan, perlengkapan mandi, sandal dan kaus kaki, daster atau baju berkancing depan agar proses mengASIhi lebih mudah, Bra menyusui, korset, celana dalam, pembalut nifas, make up agar wajah tidak pucat.

Selain itu ada beberapa barang yang juga dapat anda bawa seperti bantal kesayangan, speaker atau headset, buku tentang persiapan persalinan, makanan ringan. Membawa barang – barang tersebut dapat anda gunakan untuk membantu meredakan kecemasan sebelum proses persalinan.

Daftar barang bayi yang harus disiapkan

Ada beberapa barang bawaan untuk calon si kecil yang harus bunda siapkan seperti baju bayi untuk 3 hari, popok bayi untuk 3 hari, topi bayi, kaos kaki, selimut untuk membedong, tisu basah untuk newborn, sarung tangan, perlengkapan mandi dan skincare nya. Banyaknya perlengkapan bayi yang di siapkan ini tentunya guna mendukung agar bayi anda tetap nyaman ketika ia keluar dari Rahim bunda. Sangat disarankan anda memutuskan untuk setiap harinya di masukan plastik pakaian agar lebih memudahkan dalam mengambil barang.

Itulah beberapa barang persiapan melahirkan yang harus dibawa untuk ibu dan juga untuk calon si kecil. Agar proses persalinan menjadi lebih lancar, ibu diwajibkan untuk melakukan pemeriksaan rutin di rumah sakit atau klinik terdekat untuk menghindari banyak hal yang tidak diinginkan.

Description: persiapan melahirkan yang terpenting selain mempersiapkan banyak hal baik untuk ibu dan anak adalah persiapan mental sanga ibu. Hl ini karena mental yang kuat akan memberikan kelancaran terhadap proses persalinan.