Cara Memasak Ceker Mercon yang Super Empuk dan Enak, Perhatikan Proses Perebusan

Cara Memasak Ceker Mercon yang Super Empuk dan Enak, Perhatikan Proses Perebusan

February 2, 2021 0 By admin

Berikut cara membuat ceker mercon yang empuk dan lezat seperti buatan pedagang. Salah satu bagian ayam yang menjadi favorit sebagian orang adalah cekernya. Apalagi kalau ceker diolah dengan bumbu pedas atau biasa disebut ceker mercon.

Meskipun tidak memiliki banyak daging, menyantap ceker menjadi kenikmatan tersendiri. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan ceker ayam. Potong kuku dan kulit paling luarnya agar bersih dari kotoran.

Untuk mempermudah menguliti kulit luarnya, bisa direndam di dalam air panas selama 10 menit terlebih dahulu. Setelah dibersihkan, rendam ceker ayam dengan perasan jeruk nipis selama 15 menit. Ini dilakukan agar bau amis ceker bisa hilang.

Jangan lupa untuk membilas ceker ayam dengan air setelahnya. Kalau tidak, rasa jeruk nipis akan menempel dan membuat ceker ayam menjadi pahit. Proses yang menentukan empuk atau tidaknya ceker ayam adalah saat perebusan.

Jika ingin empuk dengan cepat, disarankan menggunakan panci presto yang hanya memakan waktu 10 menit. Tapi kalau tidak ada, kita bisa menggunakan panci biasa. Rebus ceker ayam selama 1 jam dan menggunakan api kecil.

Ini akan membuat ceker ayam empuknya merata. Kalau mau bumbu mercon lebih meresap, baiknya ceker direbus tanpa presto. Jadi, masak saja ceker di dalam bumbu merconnnya sampai empuk betul.

Tentu saja, waktu masaknya jadi lebih lama. Nah, supaya meresapnya bisa maksimal, masukaan air sedikit demi sedikit. Jadi, masukan air sedikit, rebus sampai air habis, lalu masukan lagi sedikit air.

Lakukan begitu terus sampai ceker empuk betul. Dijamin, hasilnya lebih meresap ketimbang kalau dimasukan air banyak sekaligus. Nah, sebenarnya ada banyak banget bumbu mercon yang beredar di pasaran.

Kita tinggal gunakan saja yang sesuai dengan selera. Pada dasarnya, bumbu mercon mirip dengan bumbu balado, hanya pedasnya 100 kali lipat. Jadi, wajib banget menggunakan cabai rawit merah dalam bumbunya.

Selain itu, boleh juga ditambahkan dua bawang, kemiri dan kencur. Saat dimasak, enaknya juga tambahkan daun jeruk untuk tambahan rasa. Makin enak lagi kalau daun jeruknya diiris tipis sehingga bisa ikut termakan.

Tertarik untuk mencobanya? Berikut ini ada inspirasi masakan ceker yang nikmat dan mudah dibuat. Waktu: 30 Menit

Sajian: 5 Porsi 1. Campur ceker, bawang bombay, bawang putih, jahe, cabai, saus tiram, kecap manis, saus tomat, gula merah, garam, dan merica. Aduk rata. 2. Tuang air. Masak hingga mendidih. Aduk sesekali sambil diungkep di atas api kecil hingga meresap.

3. Kentalkan bersama larutan sagu. Tambahkan daun bawang. Aduk rata. Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.