Aspek Penting dalam Menentukan Sistem Alarm Kebakaran

Aspek Penting dalam Menentukan Sistem Alarm Kebakaran

June 24, 2022 0 By admin

Menggunakan sistem alarm kebakaran tentu sangat penting di tempat usaha, sehingga bisa meminimalkan kerugian. Sistem alarm seperti ini tersedia di Secom yang dibalut dengan teknologi canggih dan menggunakan standar internasional, seperti NFPA. Bicara mengenai bencana kebakaran tentu disadari bencana ini bisa terjadi kapan saja.

 

Maka pada saat membangun tempat usaha seperti gedung, gudang, atau bentuk lainnya. Perlu memastikan ikut membangun sistem keamanan dari resiko kebakaran tersebut. Supaya maksimal, maka ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan saat membangun sistem tersebut.

 

Aspek-Aspek yang Harus Diperhatikan

Tempat usaha tentu perlu diberi perlindungan maksimal dari berbagai resiko, salah satunya resiko kebakaran. Dimana kebakaran ini bisa bersumber dari instalasi listrik, peralatan usaha, dan lain sebagainya yang masih keliru atau bermasalah seiring bertambahnya umur perangkat yang digunakan.

 

Salah satu upaya terbaik di masa sekarang adalah membangun sistem alarm untuk resiko kebakaran di tempat usaha. Sehingga menggunakan perangkat terkini untuk mendeteksi adanya indikasi kebakaran. Misalnya kamera CCTV ataupun perangkat lainnya. Namun, sebelum sistem seperti ini dibangun pastikan memperhatikan beberapa aspek berikut ini:

 

  • Memahami Standar NFPA

Bicara mengenai sistem keamanan kebakaran maka perlu membahas mengenai NFPA atau National Fire Protection Association. Sesuai namanya NFPA pada dasarnya adalah sebuah asosiasi yang menetapkan sejumlah standar dalam mengembangkan sistem keamanan kebakaran.

 

Misalnya mengatur standar instalasi kelistrikan, gas, peralatan penunjang bangunan, dan sebagainya. Sehingga seluruh komponen tersebut tidak menyebabkan bahaya kebakaran di kemudian hari. Memahami dan mematuhi standar dari NFPA akan membantu membangun sistem keamanan kebakaran yang lebih mumpuni.

 

  • Memperhatikan Fungsi Gedung atau Bangunan

Gedung atau bangunan yang didirikan tentu memiliki fungsi tersendiri sesuai kebutuhan pemiliknya. Fungsi tertentu memiliki tingkat resiko kebakaran yang tinggi, begitu juga sebaliknya. Jadi, dalam membangun sistem alarm kebakaran perlu menyesuaikan fungsi gedung tersebut.

 

Misalnya saat gedung digunakan sebagai gudang bahan baku yang rawan terbakar. Maka berinvestasi menggunakan sistem alarm canggih dengan sensitivitas terhadap api yang tinggi sangat diperlukan.

 

  • Memanfaatkan Perangkat Canggih Masa Kini

Tidak ada salahnya mencoba meningkatkan efisiensi dalam membangun sistem keamanan kebakaran. Salah satunya dengan berinvestasi membeli peralatan canggih yang menggunakan teknologi terkini. Meskipun mahal, namun bekerja dengan baik dan mampu memberi fitur yang memberi alarm lebih dini.

 

  • Kompatibilitas dan Integritas Sistem Alarm

Aspek penting selanjutnya adalah memperhatikan kompatibilitas dan integritas sistem. Lebih mudah dipenuhi dengan menggunakan sistem keamanan atau perangkat yang bisa bekerja otomatis. Misalnya ada sistem alarm kebakaran yang seketika menghentikan AC saat kebakaran terjadi, supaya tidak memperparah area yang terbakar.

 

  • Komitmen untuk Memperbaharui Sistem Secara Berkelanjutan

Aspek penting yang terakhir adalah komitmen untuk terus memperbaharui sistem. Baik ketika gedung diubah atau direnovasi maupun tidak, karena sistem keamanan yang baik perlu terus dikembangkan. Bisa jadi ada teknologi baru yang membuat sistem menjadi lebih baik. Maka harus diikuti agar gedung lebih terlindungi dari kebakaran.

 

Mencoba memperhatikan beberapa aspek penting tersebut dan mematuhinya akan membantu membangun sistem alarm kebakaran yang mumpuni. Sehingga semakin meminimalkan resiko gedung mengalami kebakaran dan kerugian di masa mendatang. Silahkan dicoba.