Apa Perbedaan Antara Merek Produk Dengan Merek Pribadi? Simak Penjelasannya Di Sini

Apa Perbedaan Antara Merek Produk Dengan Merek Pribadi? Simak Penjelasannya Di Sini

May 24, 2021 0 By admin

Aktivitas sehari-hari tidak bisa lepas dari berbagai macam produk. Produk ini bisa terdiri dari bagai macam merek. Sesuai dengan keperluan masing-masing pengguna. Lalu apa perbedaan antara merek produk dengan merek pribadi yang selama ini dipakai?

Merek menjadi sebuah penentu akan kualitas produk yang dijual. Begitu pula dengan karakteristik yang ingin ditonjolkan oleh pembuatnya. Umumnya semakin terkenal merek tersebut, semakin banyak yang memilihnya. Mari simak penjelasan lebih lanjut berikut ini.

Apa Perbedaan Antara Merek Produk Dengan Merek Pribadi Di Dunia Industri?

Barang yang dijual di pasar, baik dalam bentuk fisik maupun nonfisik biasa disebut dengan produk. Hadirnya produk sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari untuk berbagai aktivitas masyarakat.

Sedangkan merek artinya nama atau label yang digunakan pada produk agar mudah dikenali oleh calon pembeli. Kehadiran merek sangat dibutuhkan untuk menjadi pembeda antara satu produk yang sama, namun berbeda produsen. Merek ini berupa nama, gambar huruf, angka dan lainnya sebagai tanda produk.

Lalu apa perbedaan antara merek produk dengan merek pribadi? Merek yang digunakan oleh perusahaan untuk menandai produk mereka lebih dikenal dengan merek produk. Sedang merek pribadi dimiliki oleh distributor atau pedagang langsung.

Pada dasarnya kedua jenis merek tersebut menampilkan produk dengan tampilan sebaik mungkin. Namun tetap memiliki ciri khas yang berbeda. Begitu pula dengan kualitas barang atau produk yang digambarkan dalam merek tersebut. Baik merek produk maupun merek pribadi.

Apa Manfaat Menggunakan Merek

Dalam dunia bisnis selalu ada persaingan antar satu produk dengan produk lain. Persaingan tersebut tidak hanya berdasarkan kualitas produk. Namun juga melibatkan peran merek sebagai penentu karakteristik. Setiap merek selalu memiliki sistem pemasaran yang berbeda dari merek lain.

Ada pelanggan yang bertahan sampai puluhan tahun dengan satu produk saja. Hal tersebut biasanya dilatari oleh merek yang digunakan oleh produk tersebut. Kesetiaan pelanggan seperti inilah yang menjadi salah satu tujuan dari penggunaan merek.

Tanpa disadari, keberadaan merek ini telah melekat di benak oleh pelanggan. Sehingga selalu diingat sebagai salah satu produk terbaik sesuai dengan kualitas yang mereka inginkan. Adapun manfaat lain dari menggunakan merek pada sebuah produk adalah seperti di bawah ini.

Indikator Kepercayaan

Konsumen atau pembeli yang sudah merasa cocok dengan satu merk, biasanya tidak akan berpaling ke produk lain. Informasi yang diperoleh dari iklan maupun sumber lain, semakin menguatkan pendapat konsumen. Begitu pula dengan pengalaman memuaskan yang telah dialami selama memakai produk tersebut.

Untuk mengetahui setinggi apa kadar kepercayaan konsumen, bisa dilakukan dengan memakai tiga cara.

  1. Survey kepuasan pembeli terhadap produk yang dijual.
  2. Melakukan polling tingkat kepuasan pembeli selama ini.
  3. Mendapatkan testimoni jujur pembeli terhadap produk yang mereka pakai.

Meningkatkan Citra

Produk barang maupun jasa yang menggunakan merek, akan berbeda citranya di mata pembeli. Berbeda dengan produk yang dijual secara grosir tanpa merk. Penggunaan merek ini bisa dikatakan sebagai penanda produk tersebut berkualitas. Sehingga layak dipakai dan memiliki kualitas terjamin.

Pembeda Antar Bisnis

Sudah lazim di dunia bisnis, selalu ada persaingan di antara berbagai macam produk. Oleh sebab itu diperlukan keberadaan merek sebagai pembeda produk. Semakin bagus merek yang ditonjolkan, semakin melekat dalam ingatan konsumen. Kegiatan promosi juga menjadi lebih mudah, sehingga pemasaran dapat berjalan lancar.

Setiap produk barang maupun jasa yang menggunakan label, akan memiliki potensi penjualan lebih bagus. Lantas apa perbedaan antara merek produk dengan merek pribadi ini menentukan kesuksesan produk? Bagaimana menurut Anda?