Apa Itu Truk CDD? Inilah Kelebihannya

Apa Itu Truk CDD? Inilah Kelebihannya

October 14, 2022 0 By admin

Ketika di jalan raya, pastinya sering kali melihat lalu lalang berbagai macam truk. Misalnya saja truk CDD, CDE, Fuso, dan lain sebagainya. Semua truk-truk tersebut memiliki model yang berbeda. 

Kebanyakan truk tersebut dipakai untuk kendaraan ekspedisi. Biasanya ketika memilih kendaraan logistik, tentu harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan banyaknya barang yang akan dibawa. Seperti yang akan dibahas kali ini. 

 

Mengenal Lebih Jelas Truk CDD

Biasanya di dalam jasa ekspedisi sudah menyediakan berbagai macam truk yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Salah satu yang sering dipilih adalah truk CDD. Seperti apa truk tersebut  dan berapa ukurannya? 

CDD merupakan singkatan dari Colt Diesel Double. Melihat bentuknya, truk tersebut memiliki roda sebanyak 6 buah. 2 roda pada bagian depan dan sisanya di bagian belakang. 

Truk tersebut memiliki ukuran sedang, sehingga cocok bagi yang membutuhkan kendaraan yang bisa memuat barang yang tidak begitu banyak. Sedangkan beban maksimumnya sebanyak 6 ton. 

Ketika membutuhkan truk dengan bobot yang lebih besar, maka truk yang satu ini merupakan pilihan yang tepat. Sebenarnya CDD terbagi menjadi dua, yaitu jenis jumbo dan standar. 

CDD yang ukuran jumbo memiliki kotak pelindung dari besi dengan panjang lebih dari 6 meter dan lebar serta tingginya sekitar 2,5 meter. Daya angkutnya juga besar, sekitar 6 ton. 

Sedangkan ukuran standar hanya mampu mengangkut dengan beban dengan tinggi 2 meter dan disertai kotak pelindung alumunium 16 cbm. Memiliki panjang sekitar 4 meter, dengan daya angkut sampai 4 ton. 

Ada juga CDD dengan bak kayu. Truk satu ini terbuat dari besi, namun tidak mempunyai penutup di atasnya. Kelebihannya adalah bisa mengangkat barang sampai ketinggian dua meter. Volumenya adalah 27 cbm. 

Karena ukurannya yang besar, maka CDD hanya bisa melalui jalan-jalan tertentu saja. Jadi, tidak bisa melewati jalan-jalan sempit yang ada di tengah kota. 

Ada banyak jenis truk yang bisa ditemui di jasa penyewaan truk selain CDD. Seperti CDE, Fuso, dan lain sebagainya. Pilih truk yang sesuai dengan kebutuhan. Sehingga bukan hanya bisa menghemat tempat, juga bisa menghemat biaya.