6 Manfaat Bermain Alat Musik!

6 Manfaat Bermain Alat Musik!

June 28, 2022 0 By admin

Setiap orang pasti pernah mendengarkan musik. Beberapa di antaranya bahkan menjadikan hal itu sebagai hobby mereka. Mendengarkan musik memiliki banyak manfaat, tetapi memainkan alat musik juga tidak kalah manfaatnya. Memainkan alat musik seperti gitar akustik, piano, dan lainnya memiliki banyak manfaat positif bagi diri kita. Berikut adalah manfaat bermain alat musik yang perlu kamu tahu!

1. Meningkatkan Kapasitas Memori Otak.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mendengarkan musik dan memainkan alat musik merangsang otak yang bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat. Penelitian lainnya menunjukkan bahwa memainkan alat musik secara teratur dapat mengubah bentuk dan kekuatan otak serta dapat digunakan dalam terapi untuk meningkatkan keterampilan kognitif. Jika kamu belajar memainkan alat musik, bagian otak yang mengontrol keterampilan motorik, mendengar, menyimpan informasi audio, dan memori akan tumbuh dan menjadi lebih aktif.

2. Mempertajam Konsentrasi dan Mengajarkan Ketekunan.

Memainkan alat musik sendirian mengharuskan kamu untuk berkonsentrasi pada hal-hal seperti nada, ritme, tempo, durasi nada, dan kualitas suara. Sedangkan belajar memainkan alat musik membutuhkan waktu dan usaha. Ini yang benar-benar mengajarkan konsentrasi dan ketekunan. Kebanyakan orang tidak dapat memainkan setiap musik dengan sempurna untuk pertama kalinya.

3. Mengajarkan Untuk Disiplin.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, memainkan alat musik bisa sangat menantang. Salah satu kualitas yang dipelajari musisi adalah disiplin. Sering berlatih memainkan bagian musik yang sulit tentu membutuhkan kedisiplinan.

4. Meningkatkan Koordinasi Tubuh

Memainkan alat musik membutuhkan banyak koordinasi mata dan tangan. Dengan membaca not musik pada sebuah halaman, otak secara tidak sadar harus mengubah not tersebut menjadi pola motorik tertentu sambil menambahkan ritme ke dalamnya. Misalnya saja ketika bermain gitar, saat awal belajar mungkin sulit bagi kamu untuk memindahkan jari dari satu kunci ke kunci lainnya. Tetapi, jika kamu terus latihan maka jari-jarimu akan semakin lancar berpindah-pindah kunci sambil memetik senar-senar gitar.

5. Meningkatkan Kemampuan Matematika.

Membaca musik membutuhkan penghitungan nada dan ritme dan dapat membantu keterampilan matematika Anda. Selain itu, mempelajari teori musik mencakup banyak aspek matematika. Penelitian telah menunjukkan bahwa siswa yang memainkan alat musik atau belajar seni seringkali lebih baik dalam matematika dan mencapai nilai yang lebih tinggi di sekolah daripada siswa yang tidak.

6. Sarana Ekspresi Diri dan Mengurangi Stres.

Musik adalah seni, sama seperti seorang seniman dapat melukiskan emosinya di atas kanvas, demikian pula seorang musisi dapat memainkan sebuah karya dengan emosi. Hal ini telah terbukti dapat menghilangkan stres. Bahkan, terapi musik bermanfaat dalam merawat anak-anak dan remaja dengan autisme, depresi, dan gangguan lainnya.

Itulah 6 manfaat bermain alat musik. Bagaimana menurut kamu? Apakah sekarang kamu tertarik untuk belajar memainkan alat musik?