5 Tips Penting Melakukan Renovasi Rumah

5 Tips Penting Melakukan Renovasi Rumah

May 9, 2021 0 By admin

Banyak orang yang menganggap biaya renovasi rumah perlu direncanakan jauh-jauh hari. Tentu persiapan dana renovasi rumah perlu dipersiapkan sebab renovasi bisa terjadi kapan saja. Penambahan ruang tertentu, plafon yang rusak, cat mulai mengelupas, dan kebutuhan renovasi rumah yang lain perlu biaya tidak sedikit. Supaya Anda bisa merenovasi rumah dengan biaya terjangkau, gunakan jasa bangun rumah terbaik.

Hal penting sebelum renovasi rumah

Melakukan proses renovasi rumah sebagian atau keseluruhan butuh modal. Anda bisa menetapkan rencana pembangunan jauh hari asal memperhatikan beberapa poin penting berikut :

1.     Mempersiapkan anggaran

Siapkan dana Anda untuk membangun atau renovasi, termasuk biaya tinggal sementara bila Anda butuh renovasi besar-besaran.

2.     Menggunakan jasa kontraktor

Jangan salah pilih jasa bangun rumah yang terpercaya agar Anda bisa mendapatkan jaminan renovasi selesai tepat waktu dan sesuai anggaran yang ada.

3.     Membuat rencana rancangan renovasi

Buat rencana rancangan renovasi secara detail mulai titik yang akan dilakukan pembedahan, struktur bangunan dan desain bangunan yang Anda inginkan. Punya rencana mengubah rumah menjadi lebih minimalis, kontemporer, klasik, atau mewah, suka-suka Anda saja.

4.     Membuat rincian material

Rincian material tidak kalah penting sebab sangat mempengaruhi biaya yang akan Anda keluarkan. Jika dana memang terbatas, pilih bahan bangunan bekas yang masih berkualitas dan layak digunakan kembali. Nantinya sisa anggaran bisa dibuat untuk pengeluaran lain, termasuk risiko pengeluaran tidak terduga agar hutang Anda tidak menumpuk setelah proses renovasi selesai.

5.     Bersikap realistis

Realistis adalah sikap wajib saat Anda berencana membangun atau melakukan proyek renovasi hunian yang sesuai dengan budget. Dana yang tersedia akan disesuaikan dengan bentuk renovasi yang Anda butuhkan. Tidak ada salahnya melakukan riset lapangan dan berkonsultasi dengan jasa kontraktor yang profesional demi menekan biaya tanpa mengurangi kualitas hunian.

 

Renovasi memang butuh biaya tidak sedikit, tetapi Anda bisa menekan dengan minim selama memenuhi prosedur pembangunan yang berlaku. Jangan menggunakan bahan kurang layak yang berimbas pada proyek renovasi kurang mantap dan berisiko rusak. Gunakan jasa bangun rumah terpercaya yang akan mengerjakan proyek renovasi atau pembangunan hunian Anda lebih cepat, murah dan memuaskan.

 

Sumber

https://www.99.co/blog/indonesia/tips-renovasi-rumah-murah/