5 Cara Membuat Artikel Bisnis yang Persuasif

5 Cara Membuat Artikel Bisnis yang Persuasif

February 16, 2022 0 By admin

Beberapa dekade lalu, media cetak seperti koran dan majalah menjadi salah satu alat handal dalam memperkenalkan produk atau layanan jasa pada masyarakat. Iklan dilakukan dengan cara konvensional guna menarik minat calon pelanggan. Di era digital kekinian, Anda wajib mempertimbangkan media online. Pasalnya, gempuran teknologi dan kecepatan informasi membuat orang tertarik melakukan pembelian. Kata-kata jualan online yang persuasif bisa mempengaruhi opini sehingga orang tertarik membeli produk atau menggunakan jasa Anda.

Kiat Membuat Artikel yang Efektif

Guna meningkatkan konten yang berkualitas di media sosial atau laman e-commerce Anda, pastikan membuat artikel yang bisa meningkatkan penjualan secara efektif. Hard selling tidak selamanya menarik minat sehingga Anda juga harus mempertimbangkan konten soft selling. Orang-orang akan berkunjung untuk melakukan riset, membaca artikel dan memutuskan untuk melakukan pembelian atau tidak. Agar pengunjung yang datang tertarik melakukan pembelian produk, Anda bisa mencoba kiat membuat artikel yang efektif berikut :

1. Tentukan target pembaca lebih dulu

Target pembaca Anda menjadi hal penting dalam penulisan artikel yang mengandung kalimat persuasif untuk membeli atau menggunakan layanan bisnis Anda. Bila Anda menjual produk untuk anak muda, maka gunakan kalimat yang lebih gaul, tidak terlalu baku atau sesuai dengan konteks.

Pembaca yang merasa suka dengan kalimat dalam artikel Anda akan terus melanjutkan kegiatan membaca sampai akhir. Tentu peluang Anda menarik mereka untuk membeli atau menggunakan layanan jasa cukup tinggi, bukan?

2. Buat judul yang menarik

Judul artikel harus menggunakan kalimat singkat, padat dan menarik perhatian. Pemakaian kalimat clickbait bisa digunakan, tetapi Anda harus tetap memperhatikan konteks. Jangan sampai kalimat click bait malah membuat pembaca bosan ketika membaca isi artikel sampai pertengahan yang tidak sinkron dengan judul.

3. Penulisan artikel yang bagus dan berbasis SEO

Kata-kata menarik untuk promosi menjadi kunci Anda dalam menuliskan artikel yang berkualitas. Meskipun tujuan Anda untuk meningkatkan pembelian produk, tapi Anda tidak boleh terlalu memaksakan kalimat hard selling dalam artikel. Pasalnya, pembaca bisa saja bosan sebab ia datang ke e-commerce Anda bisa tanpa sengaja. Hal ini dikarenakan artikel Anda yang ditulis berbasis SEO muncul di laman pertama saat pengunjung mengetikkan kata kunci.

Inilah pentingnya membuat artikel yang memiliki isi berkualitas sehingga pengunjung yang datang suka membaca konten Anda. Dari konten-konten yang berkualitas dan bermanfaat, Anda bisa meningkatkan branding perusahaan lebih baik. Tidak menutup kemungkinan pelanggan baru akan tertarik untuk terus memakai produk atau layanan jasa Anda. Untung ganda berkat konten yang bagus, kenapa tidak?

4. Penambahan desain atau audio dan visual yang menarik

Tidak hanya tulisan saja yang memakai pilihan kata terbaik, Anda juga wajib mempertimbangkan penambahan desain berupa audio atau tampilan visual yang mendukung. Eye catching menjadi salah satu unsur penting yang bisa membuat orang tertarik menyelesaikan bacaan di laman e-commerce atau media sosial Anda hingga closing transaksi.

5. Sisipkan kalimat persuasif pada akhir kalimat

Jika Anda sudah membuat konten yang berkaitan dengan produk yang Anda jual, misalnya tips dan trik, informasi terkini, fakta tentang produk, dan lain-lain, jangan lewatkan untuk menyisipkan kalimat iklan. Gunakan kalimat persuasif pada akhir kalimat dan Anda boleh menyisipkan link untuk kemudahan calon pelanggan melihat katalog produk.

Yuk, coba buat konten berkualitas dengan menggunakan kata-kata jualan online terbaik! Kalimat yang efektif bisa mempengaruhi pola pikir seseorang sehingga ia sepakat untuk melakukan pembelian atau layanan jasa Anda. Bisnis bisa berkembang semakin pesat bila Anda tahu cara memanfaatkan iklan di media digital kekinian, ya!