4 Manfaat Urang-Aring untuk Rambut Bayi

4 Manfaat Urang-Aring untuk Rambut Bayi

July 19, 2022 0 By admin

Bayi mengalami pertumbuhan pesat salah satunya pertumbuhan rambut. Namun beberapa bayi mengalami keterlambatan dalam pertumbuhan rambut. Berbagai cara alami dilakukan untuk mempercepat pertumbuhan. Minyak urang-aring sering digunakan untuk penyubur rambut bayi. Minyak dari tanaman Eclipta alba mempunyai banyak manfaat. Berikut manfaat urang-aring untuk rambut.

1. Menumbuhkan Rambut

Manfaat ini telah melalui penelitian sebelumnya yaitu dites pada tikus albino. Adanya pertumbuhan folikel rambut di tikus. Kesimpulannya eksperimen lebih efektif dalam mencegah kebotakan. Penelitian tersebut dilakukan ulang dan masih memberikan hasil sama yaitu merangsang pertumbuhan rambut di folikel. Adanya kandungan vitamin E juga membantu menangkal radikal bebas yang berfungsi dalam menghalangi pertumbuhan.

2. Rambut Tumbuh Lebih Hitam

Rambut bayi yang tumbuh dipicu oleh minyak urang-aring lebih berwarna hitam. Kebanyakan rambut bayi akan tumbuh berawarna sedikit pirang dan bertekstur sangat lembut. Penggunaan minyak urang-aring pada bayi dapat membuat rambut yang tumbuh menjadi lebih hitam. Selain itu batang rambut juga lebih kuat.

3. Rambut Lebih Berkilau

Tidak hanya lebat dan menghitam, rambut yang tumbuh pada bayi juga lebih berkilau. Kilau ini terpengaruh dari kelembapan rambut. Adanya vitamin E pada rambut membuat rambut lebih lembab dan menimbulkan efek kilau dari batang rambut. Agar kilau rambut semakin maksimal, bisa mencampurkan minyak urang-aring dengan minyak kelapa lalu balurkan pada rambut.

4. Mencegah Kebotakan

Seringkali melihat bayi tidak berambut padahal bayi seumurannya mempunyai rambut lebat. Hal ini kemungkinan rambut bayi masih sering terkena air kencing. Bisa juga karena bayi yang terhalang pertumbuhan rambutnya. Penggunaan minyak urang-aring sebagai pemicu akar rambut untuk menancap lebih kuat sehingga mampu memperkuat pertumbuhan.

Itulah berbagai manfaat urang-aring untuk rambut bayi. Kurang lebih sama seperti pada orang dewasa. Caranya cukup membalurkan minyak urang-aring pada kulit kepala. Agar tidak menyebabkan penumpukan kerak di kulit kepala, perlunya campuran minyak alami lain seperti minyak zaitun agar lebih mudah dibilas setelah pemakaian. Berikan sedikit pijatan untuk memperlancar sirkulasi darah. Diamkan 30 sampai 60 menit untuk memberikan hasil maksimal dan peresapan lebih lama. Gunakan cara ini sebanyak 2 kali dalam satu minggu.